Kamis, Desember 31, 2015

Pesan dalam Bungkusan Dongeng





Mendongeng sebelum tidur telah kami biasakan sejak anak-anak masih kecil. Kami menanamkan nilai-nilai pada anak-anak dalam bungkusan dongeng. Anak-anak senang sekali dengan dongengan kami.

Hasil mendongeng memang tak bisa dirasakan secara instan. Perlu proses, perlu waktu. Dulu kecilnya, Nabilah itu 'luar biasa' dan benar-benar menuntut kesabaran yang ekstra. Karena belum berpengalaman mendidik anak, terlebih ketika suami sudah tidak ada, tak jarang diam-diam saya menangis atas tingkah lakunya. Lalu saya membuat dongeng yang sekiranya pas untuk mengubahnya. Saya berharap hasilnya kilat, esok hari atau tidak lama sesudahnya akan berubah. Ternyata yang saya temui hanyalah kekecewaan. Meski begitu saya bersyukur karena tetap menyimpan segunung harapan, tidak ada putus asa.

Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu saya merasakan pengaruh dongeng-dongeng itu pada pembentukan kepribadian anak-anak terutama pada anak yang sudah lebih besar. Sekarang telah banyak perubahan pada diri Nabilah. Dulu di bulan Ramadhan, Nabilah masih susah shaum. Alhamdulillah sejak dua tahun lalu sudah bisa rutin shaum Senin Kamis. Juga rutin bangun pagi sebelum Subuh. Selain karena dongeng, hal ini tentu tak luput dari banyak faktor, terutama guru dan teman-temannya di sekolah. Atas pertolongan Allah, semester ini Nabilah menjadi penerima hadiah dari sekolah berupa gratis SPP selama 6 bulan untuk level kelas tinggi (kelas 4,5,6) yang semuanya ada 9 kelas. Semoga ini menandakan bahwa secara kepribadian dan prestasi akademik, Nabilah berkembang normal dan baik seperti anak-anak lain sepantarannya. Bertahun-tahun lalu hal seperti ini tentunya tidak pernah saya sangka.

Untuk adiknya, hingga saat ini memang masih sering 'luar biasa'. Saya pun senantiasa berdoa, berharap, dan berikhtiar agar semua anak saya nantinya menjadi semakin baik.

Seiring dengan pertumbuhan usianya, anak-anak saya sekarang tak lagi mau didongengkan seperti dulu menjelang tidur. Lalu saya menggantinya dengan kisah-kisah ringan tentang hidup dan kehidupan. Saya selalu berharap agar nantinya mereka menjadi insan mulia yang mencintai dan dicintai penduduk langit dan bumi.

*Aslinya hanya pengin nulis status singkat edisi curhat, etapi malah jadi panjang lebar
Postingan FB 22 Mei 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar