Kamis, Desember 31, 2015

Curhatan Mak Comblang


Seorang emak yang kadang jadi mak comblang curhat. Si Emak kadang merasa sedih. Salah satu temannya, seorang gadis yang relatif cantik, baik hati, pinter nan sholihah belum pernah sama sekali diproses untuk taaruf. Alasannya sederhana, si gadis itu bukan orang Jawa, meski pun saat ini tinggal di Jawa. Padahal meski bukan orang Jawa, secara karakter Jawa banget, kadang lebih Jawa daripada orang Jawa.

Setiap ada proposal masuk, mintanya orang Jawa. Otomatis si teman yang disayanginya itu belum lulus seleksi tahap awal. Si Emak rada kecewa, tapi alhamdulillah bisa menghibur diri dengan penuh keyakinan. Mungkin, memang belum saatnya temannya itu ketemu jodoh. Suatu hari nanti, pasti Allah akan memberi yang terbaik.

Lalu si Emak berjanji sendiri dalam hati. Nanti kalau anak-anaknya mau menikah, insya Allah tidak meminta syarat JAWA untuk calon menantunya. Bagi Emak yang penting menantunya sholih sholihah, baik dunia akhiratnya, dan diridhoi Allah. Itu janji hati Emak, dengan tetap menghormati semua anak dan orang tua dengan pendapat, pilihan, dan keputusan hidup masing-masing.

*Postingan FB 25 Agustus 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar