Rabu, Desember 31, 2014

Pandai Menempatkan Diri

Di manapun kita tinggal, alangkah baiknya kalau pandai2 menempatkan diri. Meski orang yang rumahnya kita tinggali, amat sangat jauh sekali dari kesan cerewet, kita sendirilah yang harus sensitif dalam hal kebaikan. Membantu pekerjaan rumahnya misalnya.

Termasuk juga ketika pulang kampung ke rumah orang tua, orang tua pasangan atau mertua. Membantu pekerjaan2 rumahnya seperti nyapu, ngepel, cuci piring, beres2 dsb bukan saja demi sebuah kepantasan atau sekedar untuk menyenangkan hati mereka. Lebih utama dari itu adalah untuk mencari ridho Allah. Berbakti pada orang tua adalah sebuah kewajiban. Bentuknya tentu saja kita sesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Banyak juga manfaat lainnya dalam hal ini. Secara tidak langsung, kita pun telah mendidik anak2 kita bagaimana seharusnya bersikap. Tanpa banyak kata, kita telah mengajari mereka untuk menjadi orang yang peka dalam kebaikan pada orang tua dan mertuanya kelak.

Maka ada baiknya juga, secara diam2 kita menjadikan amalan membantu orang tua dan mertua ini, sebagai ajang berlomba2 dalam kebaikan. Jadi berlomba2nya dalam sebuah paket lengkap, sebagaimana ibadah2 lain seperti sholat, shaum, tilawah, shodaqoh, dakwah dsb. Terlebih sikap kita yang seperti ini, sebenarnya sudah menjadi bagian dari dakwah juga. Dakwah dengan keteladanan jauh lebih efektif dari sekedar berkata -kata.

*Postingan FB 14 Agustus 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar